Minggu, 23 Desember 2012

BEKAL MENUJU SURGA

Tentunya semua umat manusia itu ingin masuk surga dan dapat hidup bahagia kekal abadi didalamnya. Dalam kesempatan yang berbahagia dan yang selalu di rahmati oleh Allah SWT, saya ingin belajar menyampaikan tentang beberapa bekal untuk dapat menuju surga.:
  1. Tidak tergoda oleh gemerlap kenikmatan dunia. Ia selalu melihat kepada orang lain yang lebih rendah dalam hal urusan dunia. Dengan begitu, ia tidak akan diperbudak oleh nafsu untuk mengejar kenikmatan dunia.. Rosulullah SAW bersabda,"Bukanlah kejayaan itu dengan melipahnya harta dan benda, melainkan kekayaan itu adalah kekayaan jiwa."(HR. Abu Ya'la).
  2. Meningkatkan ibadah sosial, seperti menyambung tali silaturahmi dengan orang yang telah memutuskan hubungan dengan kita. Ini hanya bisa dilakukan oleh orang ikhlas dan berjiwa besar. Rasa kasih sayang telah menghilangkan prasangka buruk terhadap orang lain. Rosulullah SAW bersabda,"Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi."(HR.Bukhari Muslim).
  3. Berjuang menegakan kebenaran dijalan Allah. Ini adalah perjuangan yang sangat mulai disisi Allah. Allah SWT berfirman,"Kebenaran itu datang dari Tuhanmu. Dan janganlah kamu sekali-kali termasuk orang-orang yang ragu terhadap kebenaran itu."(QS.Al-Baqarah:147)
  4. Hidup mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. Ini berarti bahwa setiap orang diperintahkan untuk berusaha dan bekerja dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Hidup sederhana dari hasil keringat sendiri lebih baik daripada hidup berlimpahan tetapi dari pemberian orang lain. Rasulullah SAW bersabda,"Tidaklah sekali-kali seseorang itu makan makanan lebih baik daripada apa yang dimakannya dari hasil jerih payahnya sendiri. Dan Nabi Daud AS itu makan dari hasil jerih payahnya sendiri.
Semoga kita termasuk orang-orang yang dapat mengamalkan kebaikan. Sekian ilmu yang dapat saya sampaikan, apabila ada benarnya itu semata-mata hanyalah dari Allah dan apabila ada salah itu karena keterbatasan dari diri saya sendiri. Atas perhatiannya saya ucapkan,"Terima Kasih." 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Berkomen Sahabatku