Jumat, 14 Desember 2012

BUDAYA POLITIK

Beberapa pendapat para ahli tentang budaya politik adalah sebagai berikut :
  1.  Samuel Beer, budaya politik adalah nilai-nilai keyakinan dan sikap-sikap emosi tentang bagaimana pemerintahan seharusnya dilaksanakan dan tentang apa yang harus dilakukan oleh pemerintah.
  2. Almond dan Verba, budaya politik adalah suatu sikap orientasi yang khas warga negara terhadap sistem politik dan anaeka ragam  bagiannya, dan sikap terhadap peranan warga negara yang ada didalam sistem itu.
  3. Rusadi Sumintapura, budaya politik adalah pola tingkah laku individu dan orientasi terhadap kehidupan politik yang dihayati oleh para anggota suatu sistem politik.
  4. Mochtar Masoed dan Colin Mac.Andrews, budaya politik adalah suatu sikap dan orientasi warga suatu negara terhadap kehidupan pemerintahan negara dan politiknya.
  5. Alan R.Ball, budaya politik adalah suatu susunan yang terdiri dari sikap, kepercayaan, emosi dan nilai-nilai masyarakat yang berhubungan dengan sistem politik dan isu-isu politik.
  6. Austin Ranney, budaya politik adalah seperangkat pandangan-pandangan tentang politik dan pemerintahan yang dipegang secara bersama , sebuah pola orientasi-orientasi terhadap obyek-obyek politik.
  7. Miriam Budiarjo, budaya politik adalah keseluruhan dari pandangan-pandangan politik seperti norma, pola-pola orientasi terhadap politik dan pandangan hidup pada umumnya.
  8. Roy Macridis, budaya politik adalah sebagai tujuan bersama dan peraturan yang diterima bersama.
  9. Dennis Kavanagh, budaya politik adalah sebagai pernyataan untuk menyatakan lingkungan perasaan dan sikap bagaimana sistem politik itu berlangsung.
  10. Robert Dahl, budaya politik adalah satu faktor yang menjelaskan pola-pola yang berbeda mengenai pertentangan politik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Berkomen Sahabatku