Senin, 24 Desember 2012

KOLONIALISME

a. Pengertian Kolonialisme
    Kolonialisme adalah suatu sistem yang digunakan sebuah negara dalam rangka menjalankan politik pendudukan atau jajahan terhadap negara lain.

b. Bentuk-bentuk Kolonialisme
    Kolonialisme mempunyai bentuk yang bermacam-macam yaitu:
  1. Koloni Penduduk : terjadi asimilasi antara penduduk pendatang dengan penduduk asli, namun kedudukan penduduk asli terabaikan sebagai minoritas yang tidak berhak mengatur peerintahan. Misalnya negara-nagara Amerika Utara dan Canada.
  2. Koloni Kelebihan Penduduk : salah satu tujuan mencari daerah koloni adalah untuk mengatasi kepadatan penduduk dalam negerinya. Contoh daerah koloni Italia dan Jepang pada awal abad 20.
  3. Kolonia Deportase : Daerah koloni digunakan untuk menempatkan orang-orang buangan atau narapidana. Misalnya Australia, penjara-penjara Perancis di Kepulauan Pasifik.
  4. Koloni Eksploitasi : Daerah koloni dikuras kekayaan habis-habis oleh negar kolonisator. Misalnya Indonesia.
  5. Koloni Sekunder : Tidak menguntungkan negara asalnya(motherland), tetapi diperintahkan untuk kepentingan strategis.
  6. Tiang Koloni Penunjang : Wilayahnya biasanya hanya meliputi kota-kota pelabuhan atau pulau-pulau kecil.
c. Sejarah Perkembangan Koloni
    Perkembangan politik kolonial mulai tumbuh semarak sejak abad ke-16. Cikal bakal koloni modern adalah penemuan besar yang dilakukan oleh para petualang bangsa barat. Mereka itu haus akan nama besar, kejayaan dan kekayaan. Bangsa yang bisa disebut sebagai kolonisator pertama adalah bangsa Portugis dan Spanyol. Pada abad ke-17, tampillah bangsa Inggris,Perancis dan Belanda menguasai sebagian Amerika Utara,Hindia Barat,Hindia Muka( daerah Asia Selatan ) dan Hindia Belanda.
   Abad ke-19 dapat dikatakan sebagai puncak perkembangan politik kolonial. Hampir seluruh kawasan benua Afrika dikuasai oleh bangsa-bangsa Eropa. Pada saat itu, kecuali bangsa-bangsa kolonial lama. Muncul pila kolonisator baru yakni bangsa Jerman, Italia dan Belgia. Kemudian pada awal abad ke-20 muncul Jepang dan Amerika Serikat. Setelah usai Perang Dunia II, mulailah zaman dekolonisasi bergema diseluruh dunia.

d. Tujuan Kolonialisme
    Tujuan utama politik kolonial adalah untuk menguras sumber-sumber kekayaan daerah koloni demi kepentingan industrinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Berkomen Sahabatku