Berusaha Memberikan Suatu Ilmu Yang Bermanfaat

Diterbitkan oleh Irman Edi Sarwono. Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Popular Posts

Comment

Download


Random Post

Blogroll

Test Footer

ASAL USUL LISTRIK

- Tiap benda terdiri atas bagian-bagian yang sangat kecil,yang disebut molekul.Apabila ini dibagi lagi menjadi yang lebih kecil,bagin-bagian ini disebut atom.
- Tiap-tiap atom mempunyai satu inti yang disebut proton.Proton mempunyai listrik yang bermuatan +,dan dalam keadaan tidak bergerak (diam).Proton ini dikelilingi oleh satu benda yang sangat kecil disebut elektron.
- Elektron ini meengandung muatan listrik - dan berputar mengelilingi proton dengan kecepatan kira-kira 300.000 km/detik.

Kelistrikan adalah sifat benda yang muncul dari adanya muatan listrik. Listrik, dapat juga diartikan sebagai berikut:

1.Listrik adalah kondisi dari partikel subatomik tertentu, seperti elektron dan proton, yang menyebabkan penarikan dan penolakan gaya. 
2.Listrik adalah sumber energi yang disalurkan melalui kabel. Arus listrik timbul karena muatan listrik menstrikgalir dari saluran positif ke saluran negatif. 
   Bersama dengan magnetisme, listrik membentuk interaksi fundamental yang dikenal sebagai elektromagnetisme. Listrik memungkinkan terjadinya banyak fenomena fisika yang dikenal luas, seperti petir, medan listrik, dan arus listrik. Listrik digunakan dengan luas di dalam aplikasi-aplikasi industri seperti elektronik dan tenaga listrik.

Macam-macam arus listrik.Arus listrik ada dua macam yaitu arus AC dan arus DC
1.Arus listrik AC(Alternating Current/arus listrik bolak-balik)
2.Arus listrik DC(Dirrect Current/arus listrik searah)

Sistem listrik yang masuk ke rumah kita, jika menggunakan sistem listrik 1 fase, biasanya terdiri atas 3 kabel:
Pertama adalah kabel fase yang merupakan sumber listrik bolak-balik(positif negatifnya bolak-balik terus menerus).Kabel ini adalah kabel yang membawa tegangan dari pembangkit tenaga listrik(PLN) dan biasanya kabel ini dinamakan kabel panas/hot.
Kedua adalah kabel neteral.Kabel ini pada dasarnya adalah kabel acuan tegangan nol/yang tidak mempunyai tegangan,biasanya yang disambungkan ketanah di pembangkit tenaga listrik.
Ketiga adalah kabel tanah atau ground.Kabel ini adalah acuan nol di lokasi pemakai, yang biasanya disambungkan ke tanah di rumah pemakai; kabel ini benar-benar berasal dari logam yang ditanam di tanah dekat rumah kita; kabel ini merupakan kabel pengamanan yang biasanya disambungkan ke badan (chassis) alat2 listrik di rumah untuk memastikan bahwa pemakai alat tersebut tidak akan mengalami kejutan listrik.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori listrik dengan judul ASAL USUL LISTRIK. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://irman-edi.blogspot.com/2012/12/asal-usul-listrik.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Irman Edi Sarwono - Jumat, 14 Desember 2012

Belum ada komentar untuk "ASAL USUL LISTRIK"

Poskan Komentar

Silakan Berkomen Sahabatku