Senin, 23 Desember 2013

Nelson Mandela



Nama lengkap : Nelson Rolihlahla Mandela
Nama sapaan : Nelson Mandela
Tempat tanggal lahir : Mvezo, 18 Juli 1918
Meninggal : Jum'at, 5 Desember 2013
Kewarganegaraan : Afrika Selatan
Istri : Evelyn Ntoko Mase;Winnie Madikizela;Graca Machel
Ayah : Glada Henry Mphakanyiswa
Ibu : Nosekeni Fanny

Nelson Mandela lahir di Mvezo, Afrika Selatan pada 18 Juli 1918 - meninggal di Johannesburg, Afrika Selatan pada 5 Desember 2013 atau genap berusia 95 tahun. Beliau merupakan seorang revolusioner anti-apartheid dan politisi Afrika Selatan. Beliau adalah presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan yang berkuasa sejak tahun 1994 sampai tahun 1999 dan juga presiden pertama yang terpilih melalui keterwakilan penuh dalam sebuah pemilu multiras. Misi pemerintahannya fokus pada penghapusan pengaruh apartheid dengan memberantas rasisme, kemiskinan dan kesenjangan serta mendorong rekonsiliasi rasial. Selaku nasionalis Afrika dan sosialis demokratik, beliau menjabat sebagai Presiden Kongres Nasional Afrika (ANC) dari tahun 1991 sampai tahun 1997. Beliau juga pernah menjadi Sekretaris Jendral Gerakan Non Blok pada tahun 1998 sampai tahun 1999. woww hebat sekali !!!

Pada usia 16 tahun, Mandela bersekolah di Clarkebury Boarding Institute untuk mempelajari kebudayaan barat. Pada tahun 1934, Mandela mengambil program B.A di Universitas Fort Hare dan mengambil ilmu hukum di University of the Witswatersrand. Karena menentang kebijakan universitas, kemudian Mandela dikeluarkan dari Universitas Fort Hare dan setelah itu melanjutkan studinya di South Africa University.

Sebagai aktivis, beliau tidak lepas dari berbagai macam kasus yang membuatnya harus mendekam di penjara. Pada tanggal 5 Agustus 1962 Mandela ditangkap, hakim memvonis 5 tahun penjara untuk Mandela. Sementara itu beberapa aktivis yang kurang beruntung harus dihukum seumur hidup. "(kata pak Guru hukuman seumur hidup itu sama dengan umur pelaku, misalnya Si A  berumur 25 tahun dan harus dihukum seumur hidup lalu Si A keluar di usia yang ke-50)". Mandela kembali ditahan dapa Februari 1985 karena menolak pembebasan bersyarat dan menghentikan perjuangan bersenjata.Kampanye Internasional yang menuntut Mandela untuk dibebaskan pada tahun 1990. Masa jabatan Nelson Mandela sebagai presiden Afrika Selatan yaitu 10 Mei 1994 sampai dengan 14 Juni 1999.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Berkomen Sahabatku